Press "Enter" to skip to content

15 Makanan Khas Manado Yang Halal dan Nikmat

15 Makanan Khas Manado Yang Halal dan Nikmat

Manado merupakan salah satu kota yang berada di Sulawesi Utara. Dan menjadi ibukota provinsi Sulawesi Utara. Dengan keragaman kota tersebut, tidak hanya daerah indahnya yang terkenal. Melainkan kuliner khasnya juga terkenal di berbagai daerah lainnya di Indonesia. Kuliner khas Manado memiliki cita rasa pedas asam dan gurih. selain itu, pada masakannya banyak menggunakan bahan utama ikan dan ayam. Berikut ini beberapa kuliner khas Manado yang patut untuk dicoba.

  1. Ayam Isi Buluh
15 Makanan Khas Manado Yang Halal dan Nikmat, Ayam isi buluh

Buluh merupakan bambu yang digunakan untuk media mengolah makanan di Manado. Ayam isi buluh merupakan potongan ayam yang dimasak dalam buluh dengan rempah-rempah dan rasanya segar. Rempah-rempah yang digunakan seperti cabai, serai, jahe dan kunyit.

  1. Ayam Rica-rica
15 Makanan Khas Manado Yang Halal dan Nikmat, Ayam Rica-rica

Rica dalam bahasa Manado berarti pedas atau cabai. Ayam rica-rica merupakan hidangan ayam bercita rasa pedas. Biasanya disajikan dengan perasan air jeruk.

  1. Ayam Tuturuga
15 Makanan Khas Manado Yang Halal dan Nikmat, Ayam Tuturuga

Hidangan ayam tuturuga mirip dengan opor ayam dengan kuah merah. Kuahnya merupakan perpaduan antara santan, perasan jeruk nipis serta cabai merah, sehingga memiliki cita rasa gurih asam pedas yang menyegarkan.

  1. Ayam Woku Belanga
15 Makanan Khas Manado Yang Halal dan Nikmat, Ayam woku belanga

Ayam woku belanga merupakan hidangan khas Manado yang kaya akan rempah. Rempah yang digunakan berupa bawang merah dan putih, daun jeruk, jahe, serai, kunyit dan daun pandan. Ayam woku belanga dapat disajikan dengan kuah kental atau dengan kuah sup.

  1. Cakalang Fufu
15 Makanan Khas Manado Yang Halal dan Nikmat, Cakalang fufu

Cakalang Fufu merupakan sajian dari ikan cakalang atau ikan tongkol putih yang diasapi dan diolah menjadi beragam menu makanan.

  1. Halua Kenari
15 Makanan Khas Manado Yang Halal dan Nikmat, Halua Kenari

Halua kenari merupakan cemailan berbahan dasar kenari yang dilapisi gula merah. Kacang kenari tubuh subur di tanah Sulawesi. Jadi tidak heran, jika panganan ini menjadi cemilan khas Manado.

  1. Ikan Bakar Sambal Dabu-dabu Lilang
15 Makanan Khas Manado Yang Halal dan Nikmat, Ikan bakar sambal dabu-dabu lilang

Menu makanan ini merupakan ikan bakar dengan sambal dabu-dabu yang dipotong-potong. Lilang dalam bahasa Manado, berarti dipotong-potong.

  1. Ikan Kuah Asam
15 Makanan Khas Manado Yang Halal dan Nikmat, Ikan kuah asam

Ikan kuah asam merupakan hidangan ikan berbumbu asam pedas dengan kuah bening. Rasa pedasnya sendiri memiliki tingkatan tertentu, disesuaikan selera pembeli.

  1. Ikan Tude Goreng dan Bakar
15 Makanan Khas Manado Yang Halal dan Nikmat, Ikan Tude

Ikan tude merupakan olahan ikan dengan bumbu khas Manado. Ikan tude dapat berupa ikan goreng atau ikan bakar. Ikan tude biasanya disajikan bersama nasi dan sambal dabu-dabu.

  1. Klappertaart
15 Makanan Khas Manado Yang Halal dan Nikmat, Klappertaart

Klappertaart merupakan makanan kue Khas Manado yang dipengaruhi budaya bangsa Belanda. Kue ini memiliki tekstur lembut dan ringan.

  1. Kue Bangket
15 Makanan Khas Manado Yang Halal dan Nikmat, Kue Bangket

Kue bangket terbuatĀ  dari bahan dasar gula aren dan sagu yang menjadi makanan utama penduduk kepulauan Talaud. Kue bangket berasal dari Desa Rainis hingga menyebar di provinsi Sulawesi Utara

  1. Panada
15 Makanan Khas Manado Yang Halal dan Nikmat, Panada

Panada merupakan makanan sisa peninggalan budaya Portugis yang pernah menjajah tanah Sulawesi. Makanan ini berupa ikan yang dibalutĀ  adonan roti. Bentuk panada seperti pastel dengan isian ikan cakalang berbumbu pampis.

  1. Pampis
15 Makanan Khas Manado Yang Halal dan Nikmat, Pampis

Pampis merupakan makanan khas Minahasa berupa suwiran ikan cakalang dengan bumbu khas Manado. Biasanya disajikan dengan dimasak kering dengan bumbu khas Manado.

  1. Sayur Ganemo
15 Makanan Khas Manado Yang Halal dan Nikmat, Sayur Ganemo

Sayur ganemo merupakan sayur perpaduan antara daun melinjo, bunga pepaya dan labu kuning.

  1. Tinutuan
15 Makanan Khas Manado Yang Halal dan Nikmat, Tinutuan

Tinutuan merupakan bubur khas Manado. Dimana hidangan tersebut berisikan sayuran tanpa ada protein hewani. Tinutuan biasa disantap sebagai menu sarapan pagi yang kaya nutrisi.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!